5 Makanan Super Enak di Malang yang Wajib Kamu Coba, Wajib!

Malang memang menyedikan destinasi wisata yang beragam. Tak heran bila kota ini disebut sebagai salah satu surga wisata di Jawa Timur, dan menjadi tempat “pelarian” orang Surabaya untuk mencari hiburan di akhir pekan. Beberapa tempat wisata terkenal di Malang antara lain Gunung Bromo,

Museum Angkut, Jatim Park, dan Pantai Balekambang. Tak cuma itu, Malang juga terkenal dengan wisata kulinernya yang memanjakan lidah. Kalau liburan ke Malang, tak akan susah menemukan tempat makan yang enak. Jika baru pertama kali ke sana, inilah setidaknya 5 makanan super enak di Malang yang wajib kamu coba:


1. Bakso President

Kalau kamu penasaran bakso yang paling terkenal di Malang, kebanyakan orang mungkin menjawabnya Bakso President. Kedai bakso ini begitu meleganda dan sudah ada sejak tahun 1970. Ada beragam menu bakso yang disajikan mulai dari bakso urat, bakso telur, bakso goreng, siomai, dan bakso bakar yang jadi salah satu menu paling laris. Selain citarasanya yang tak berubah, pembeli Bakso President juga dapat merasakan sensasi makan bakso yang unik dengan pemandangan rel kereta.

2. Pos Ketan Legenda 1967

Pos Ketan Legenda 1967 menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang terkenal di Kota Batu. Apalagi tempatnya juga mudah dijangkau karena terletak di kawasan Alun-alun Batu. Seperti namanya, di sana kamu bisa mencoba aneka olahan ketan seperti ketan susu, ketan keju, ketan durian, dan banyak lagi. Soal citarasa tak perlu diragukan lagi. Pos Ketan Legenda selalu menjaga kualitas dan citarasa yang konsesisten sejak mulai berjualan tahun 1967. Wajar saja bila setiap harinya selalu ramai pembeli yang bahkan rela antri demi seporsi olahan ketan untuk camilan malam.

3. Mie Gajah Mada

Jika kamu penyuka mie, tak lengkap berkunjung ke Malang tanpa menyempatkan untuk mencoba seporsi olahan mie yang lezat dari Mie Gajah Mada. Alamatnya di Jl. Pasar Besar No. 17A. Menu mie yang ditawarkan cukup beragam, namun yang paling populer adalah mie ayam jamur. Satu porsinya terdiri dari mie, sayuran, suwiran ayam, jamur, serta pelengkap bawang goreng dan disiram kuah gurih yang dijamin akan membuat kamu kangen Malang.

4. Orem-orem Arema

Orem-orem adalah makanan tradisional dari Malang yang berbahan dasar tempe. Makanan ini terdiri dari tempe, ketupat, dan tauge yang dipadukan kuah santan. Citarasanya gurih, pedas, dan manis. Meski zaman semakin modern, namun umumnya orem-orem masih dimasak menggunakan bahan bakar arang untuk menciptakan citarasa dan aroma yang lebih nikmat. Ada banyak penjual orem-orem di Malang. Salah satu tempat yang terkenal enak adalah Orem-orem Arema yang beralamat di Jl. Blitar No. 14, Lowokwaru, Kota Malang.

5. Es krim Toko Oen

Satu lagi destinasi kuliner yang tak boleh kamu lewatkan saat ke Malang. Ya, es krim legendaris dari Toko Oen. Berjualan sejak 1930-an, dulu toko tersebut kerap jadi tempat nongkrong orang-orang Belanda. Hingga kini mereka masih beroperasi menjajakan aneka olahan es krim yang citarasanya tak berubah. Di sana juga tersedia menua lain seperti nasi goreng, steak, dan aneka kue. Hal lain yang membuat Toko Oen begitu menarik adalah kesan zaman dulu dari arsitektur bangunannya yang masih dipertahankan. Mulai dari desain jendela, meja dan kursi yang terbuat dari rotan hingga piano tua dipajang untuk menciptakan suasana klasik yang membuat pengunjung bernostalgia dengan masa lalu.